Tips Jualan

Supaya Bisnis Tetap Lancar Saat Ramadan, Lakukan Hal-hal Ini!

Bekerja di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, akan ada satu bulan yang spesial, yakni Ramadan. Masyarakat akan melakukan puasa selama satu bulan lamanya. Dan hal ini memengaruhi aktivitas yang dilakukan. Tidak hanya puasa di siang hari saja, pada malam hari orang-orang melakukan salat tarawih dan ibadah lainnya. Aktivitas keagamaan lebih padat.

Jam kerja dan etiket publik lainnya juga berubah selama satu bulan tersebut. Supaya bisnis yang dilakukan tetap lancar selama Ramadan, lakukan hal-hal berikut ini.

Lakukan Semuanya dengan Cepat

Puasa dimulai waktu salat subuh, sekitar pukul 4 pagi sampai dengan salat magrib (jam 6 sore). Maka dari itulah lakukan pekerjaan dengan cepat. Jadi jika melakukan pertemuan atau meeting dengan orang-orang yang sedang berpuasa bisa menjadwalkannya lebih awal. Selesaikan sebelum waktu berbuka tiba. Dengan begini, fokus dan perhatian rekan meeting dalam waktu terbaiknya.

Manfaatkan Buka Puasa untuk Raup Relasi Bisnis

Saat bulan Ramadan akan banyak perusahaan atau instansi yang menggelar buka bersama. Manfaatkan hal tersebut sebaik mungkin. Bisa bersosialisasi sekaligus menambah relasi dalam pekerjaan. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk bertatap muka dari mitra, supplier, klien, dan lain sebagainya. Selain meningkatkan brand awareness juga bisa mendapatkan jaringan yang lebih luas.

Meningkatkan Amal

Ramadan memang selama ini dikenal sebagai bulan amal. Sejumlah organisasi atau perusahan akan menggalakkan program Corporate Social Responsibility (CSR). Ikutlah terlibat di dalamnya, karena akan banyak badan atau perusahaan besar yang kerap kali ikut bergabung. Secara pribadi atau perusahaan bisa menyumbangkan barang-barang, makanan, baju, dan lain-lain.

Jika selama ini perusahaan belum melakukan kegiatan amal dengan baik, mungkin Ramadan kali ini bisa jadi titik mulainya. Siapa tahu ini akan membuat perusahaan makin dikenal lagi.

Terlibatlah dengan Berbagai Kegiatan

Akan banyak sekali agenda-agenda saat bulan ini. Pastikan untuk keluar dan terlibat di dalamnya. Misalnya saja memulai dengan mengunjungi pusat budaya dan mempelajari lebih lanjut mengenai budaya lokal dan ambil bagian dalam kegiatan bertema Ramadan. Nikmati berbagai pengalaman baru.

Saat Idul Fitri, jangan lupa memberikan email marketing yang berisi ucapan selamat Idul Fitri. Tidak hanya melalui email, bisa dihubungi secara langsung. Perusahaan perlu mengambil kesempatan yang begitu berharga ini.

 

Lakukan pendekatan-pendekatan seperti yang disarankan di atas. Tidak hanya produk saja yang dimutakhirkan, namun hubungan sosial juga. Jika hubungan antar manusia juga makin baik, keuntungan juga akan menyusul.

Related posts
Tips Jualan

4 Strategi Ampuh Menjalankan Bisnis Selama New Normal, Dapatkan Target Maksimal!

Tips Jualan

Supaya Tak Habis-habisan, Ini Tips Cerdas Memanfaatkan Diskon Lebaran!

Tips Jualan

Tips Belanja Online Murah Menjelang Idul Fitri, Uang THR Tak Ludes!

Tips Jualan

Tips untuk Retailer Online Supaya Bisnis Bisa Bertahan saat Ramadan!

Sign up for our Newsletter and
stay informed