Tips Jualan

Supaya Tak Habis-habisan, Ini Tips Cerdas Memanfaatkan Diskon Lebaran!

Diskon yang sangat banyak saat menjelang lebaran membuat kalap banyak orang. Alih-alih membeli barang-barang yang dibutuhkan, malah membawa pulang item-item yang sedang diskon. Terlebih lagi uang tunjangan hari raya (THR) sudah turun, semua barang terlihat menggoda untuk dibeli. Jika sudah begini tidak hanya THR saja yang habis, uang bulanan dan tabungan bisa ludes.

Tidak mau uang habis-habisan setelah lebaran bukan? Maka dari itulah perlu tips-tips yang tepat supaya pengeluaran saat jelang lebaran tetap bisa terkontrol. Bahkan jika bisa pengeluaran tetap terjangkau, uang bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya.  

Tentukan Anggaran Sebelum Belanja

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan anggaran perkiraan kebutuhan yang akan dikeluarkan. Supaya makin memudahkan, lihatlah riwayat transaksi sebelumnya, terutama jika berkaitan dengan harganya. Saat menganggarkan, jangan lupa membuat rincian barang-barang yang diperlukan agar nantinya tidak tergoda dengan barang-barang lainnya yang tidak dibutuhkan. Jika sudah begini, pengeluaran akan lebih terkontrol.

Buat Daftar Prioritas Barang Belanjaan

Tidak hanya membuat daftar belanjaan asal-asalan, ciptakan juga prioritas yang perlu untuk dibeli terlebih dahulu. Misalnya saja kebutuhan pokok seperti halnya beras, gula, tepung, dan lain-lain. Tidak bisa dipungkiri kebutuhan saat lebaran akan banyak sekali. Maka dari itulah bijak dalam menentukan belanjaan yang diprioritaskan. Dan tentu saja tetap dalam batas budget anggaran yang sudah ditetapkan.

Lakukan Perbandingan Antara Toko Online dan Offline

Belanja offline memang menyenangkan karena barang sudah ada di depan mata dan langsung dibawa pulang. Terlebih lagi jika ada diskon, tentu saja akan semakin kalap saja. Namun supaya pengeluaran tetap terkontrol lakukan perbandingan kecil-kecilan antara toko offline dan online. Kerap kali online store juga menawarkan barang diskon dan jauh lebih murah. Kualitasnya juga tidak berbeda jauh. 

Cek Kondisi Barang yang Akan Dibeli

Hal lainnya yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi barang yang akan dibeli. Biasanya, barang yang didiskon adalah stok lama dan masa pakainya sudah banyak berkurang. Maka dari itulah tetap teliti saat membeli barang-barang meski sedang diskon. Jangan sampai harga yang murah menutup mata untuk melihat kualitasnya.

 

Supaya keuangan tidak ngos-ngosan setelah lebaran, selalu bijaklah dalam mengelola keuangan. Bahkan jika melihat banyak sekali diskon bertebaran, jangan sampai tergoda dan hanyut membeli berbagai kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Related posts
Tips Jualan

Tips Belanja Online Murah Menjelang Idul Fitri, Uang THR Tak Ludes!

Tips Jualan

Tips untuk Retailer Online Supaya Bisnis Bisa Bertahan saat Ramadan!

Tips Jualan

Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan saat Puasa Ramadan!

Tips Jualan

Supaya Bisnis Tetap Lancar Saat Ramadan, Lakukan Hal-hal Ini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed