Tips Jualan

Ternyata IGTV Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis! Sudah Tahu Caranya?

Dengan berkembangnya media yang bisa digunakan di Instagram, fitur-fitur baru pun mulai bermunculan. Salah satunya adalah penggunaan IGTV untuk bisnis, yang mulai marak dilakukan perusahaan di tahun 2018 ini. Perlu Anda ketahui, saat ini video ditonton sebanyak 500 juta orang setiap harinya di Facebook dan lebih dari 1 milyar orang aktif menonton Youtube setiap jamnya. Sehingga, IGTV menjadi penting untuk digarap lebih serius.

Sebagai salah satu platform social media dengan pengguna terbanyak, tentunya Instagram tidak mau kalah, dong. Setelah sebelumnya menjadi kompetitor sengit dari Snapchat lewat hadirnya fitur “Stories”, kini Instagram mulai membuat fitur khusus berbagi video layaknya Youtube. Perbedaannya, Instagram hadir dengan video vertikal yang bernama “IGTV”, sedangkan Youtube hadir dengan video horizontal layaknya televisi.

Perlu Anda ketahui, IGTV menyediakan akses untuk meng-upload video dengan durasi maksimal 1 jam. Tentunya fitur ini bisa memberikan keleluasaan bagi brand dan perusahaan untuk mengeksplorasinya lebih lanjut untuk tujuan pemasaran.

Tetapi, sebelum Anda terjun ke pemasaran dengan menggunakannya, simak dulu beberapa strategi yang bisa Anda manfaatkan dalam membuat IGTV untuk bisnis berikut ini!

Ciptakan Konten yang Eksklusif

Sumber: getonlinenola.com

Jika dengan menggunakan Stories dan Feeds Anda hanya memiliki waktu yang terbatas, dengan IGTV Anda memiliki waktu yang sangat banyak untuk menunjukkan konten yang dimiliki. Untuk itu, usahakan untuk menciptakan konten yang eksklusif dan hanya bisa ditemukan follower Anda lewat IGTV.

Sebagai contoh, ada Louis Vuitton yang menunjukkan video berdurasi 12 menit yang mempertunjukkan fashion show yang mereka ikuti di beberapa negara. Ada juga brand lokal seperti Brodo yang memanfaatkannya untuk menampilkan talkshow yang hanya dapat ditonton dengan IGTV. Anda juga bisa membuat konten-konten yang seperti ini, sesuai dengan tren yang sedang berkembang di Instagram. Mungkin tertarik membuat konten tentang budaya asli Indonesia?

Membuat Web Series

Pernah menonton video web series yang disponsori oleh brand di Youtube? Nah, Anda juga bisa membuatnya di IGTV. Jika selama ini Anda hanya memfokuskan konten berbentuk blog saja di website, sudah saatnya memperdalam konten tersebut melalui IGTV, agar lebih mendekatkan brand dengan konsumen.

Sumber: pexels.com

Beberapa bentuk web series yang bisa Anda jadikan alternatif adalah vlog, film dokumenter, atau film pendek bersambung yang menimbulkan efek penasaran. Dengan cara yang tepat, Anda bisa menempatkan produk yang dimiliki di dalam video tersebut.

Berbagi Berita Terbaru

Sumber: theverge.com

Jika brand Anda berencana mengeluarkan produk terbaru atau juga hal lain yang harus disampaikan kepada konsumen, coba manfaatkan IGTV untuk bisnis dalam memberikan informasi dalam bentuk video. Bisa juga, Anda mengunggah video mengenai tren yang sedang viral di Instagram, seperti misalnya pernikahan selebriti, tempat wisata yang sedang hits, atau makanan yang sedang dibicarakan.

Membuat Video Behind The Scene

Sumber: pexels.com

Konsumen pastinya tertarik mengetahui bagaimana Anda bisa memproduksi barang atau jasa yang berkualitas, bukan? Nah, inilah saatnya untuk memberitahu bagaimana proses behind the scene dari brand Anda. Selain itu, Anda juga bisa menampilkan video sneak peak mengenai produk yang akan dirilis dalam waktu dekat melalui IGTV.

Dengan cara ini, Anda bisa mengundang interaksi dengan konsumen. Rasa penasaran dari mereka bisa Anda bangun melalui cara strategis dengan kesan misterius, tetapi juga berpotensi viral.

 

Setelah mengetahui beberapa cara yang bisa dimanfaatkan dalam membuat IGTV untuk bisnis di atas, kini saatnya Anda mulai mempromosikannya. Manfaatkan akun Instagram Anda sebaik mungkin dan siap-siap terkenal di kalangan follower!

Sumber: Sprout Social

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *