Tips Jualan

Ternyata, Ini yang Membuat Iklan Produk Anda bisa Viral di Dunia Maya!

Bagi seorang pebisnis pasti sudah tidak asing mendengar istilah content marketing. Apa sih content marketing itu?

Content marketing dipercaya memiliki peranan penting dalam kesuksesan bisnis. Selain itu, content marketing juga dinilai sangat efektif dalam melakukan pendekatan dengan calon customer, karena tidak hanya brand awareness dan buzz, namun content marketing juga bisa mempengaruhi calon customer untuk segera menghubungi Anda di kesan pertama. Oleh karena itu, diperlukan content marketing yang tepat agar engagement segera didapat.

Setiap hari, lebih dari 2 milyar posting dibagikan di sosial media. Hal ini merupakan jumlah yang sangat fantastis, bukan? Calon customer bisa memilah dan memilih postingan mana yang ingin mereka baca dan mana yang ingin mereka tinggalkan. Lalu, konten seperti apa yang dapat membuat calon customer tertarik dan membuat keputusan pembelian?

Buat Konten yang Shareable

Untuk meningkatkan engagement, diperlukan sebuah konten yang shareable. Target market akan dengan senang hati memberikan komentar, like, dan rela membagikan postingan Anda ke banyak orang apabila konten yang Anda buat relevan dengan mereka. Buatlah konten yang mudah dibagikan, salah satunya adalah video. Ada beberapa jenis konten video yang disukai di internet, seperti ‘how-to’ video, product review video, unboxing video, dan lain-lain. Usahakan konten yang Anda buat sesuai dengan target market Anda.

Konten yang Otentik

Keotentikan konten sangat penting dalam membuat content marketing. Konten yang original dan unik akan memberikan sentuhan ajaibnya dalam beriklan. Membuat konten menjadi berharga di mata pembaca dan mereka akan rela untuk datang kembali guna menemukan konten yang baru.

Testimonial Customer

Iklan yang berseliweran di sosial media cenderung diabaikan oleh pengguna sosial media tersebut. Tidak ada ketertarikan terhadapnya sehingga tidak akan terjadi engagement. Hal demikian bisa menimbulkan kerugian di sisi pengiklan.

Agar calon customer lebih tertarik dengan content marketing Anda, buatlah sesuatu yang lebih relevan dengan target market Anda. Buat mereka lebih percaya dengan kredibilitas produk Anda, salah satunya dengan cara menyantumkan testimonial customer.

Testimonial customer akan berdampak besar pada tingkat engagement iklan Anda. Pelanggan lama akan bertindak sebagai duta produk Anda yang secara gratis memberikan penilaian. Testimonial bisa ditampilkan dalam bentuk artikel berupa ulasan, foto di Instagram dengan memperlihatkan produk Anda dan penilaian customer, atau berupa video dengan konsep customer story, sehingga dapat menyentuh hati target market Anda.

Iklan Berbayar

Dilihat dari efektifitas dan efisiensi, iklan berbayar adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan engagement. Sebagai pengiklan Anda dapat menentukan target audiens berdasarkan lokasi, usia, hingga jenis kelamin. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menjangkau calon customer.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membuat iklan berbayar, pastikan konten yang Anda promosikan bisa menarik perhatian mereka. Karena, media yang dapat diterima dengan baik oleh audiens akan meningkatkan traffic iklan Anda dan dapat mempengaruhi mereka untuk segera menghubungi Anda.

Anda tidak perlu membuat konten baru setiap kali ingin membuat iklan. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan ulasan dan gambar konsumen di iklan Anda, yang membantu membangun kepercayaan dan membedakan produk Anda dari pesaing.

 

Sekarang Anda tahu betapa pentingnya content marketing bagi bisnis Anda, namun membuat rencana content marketing yang sukses bukanlah tugas yang mudah. Apapun platform yang Anda pilih, dan taktik mana pun yang Anda putuskan untuk diterapkan, menciptakan engagement dengan audiens sangat penting untuk reputasi masa depan bisnis Anda. Semoga berhasil.

 

Source : Social Media Today

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *