Tertarik Bisnis Konsinyasi? Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Anda Memulainya!

Saat ini semakin banyak orang yang memulai usaha, tidak hanya usaha yang berskala besar tapi juga usaha yang berskala kecil hingga menengah. Salah satu faktor utama dalam memulai usaha adalah modal. Tak sedikit diantara mereka yang ingin memulai usaha namun seiring berjalannya waktu mundur teratur karena terkendalanya modal.

Padahal tidak semua peluang usaha membutuhkan modal yang besar. Karena, peluang usaha bisa datang dari berbagai cara, salah satunya adalah usaha dengan Bisnis Konsinyasi yang dipercaya tidak membutuhkan modal yang besar. Apa sih bisnis konsinyasi itu?

How Consignment Works [sumber]
Bisnis konsinyasi adalah sebuah bentuk kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik barang/produk dengan penyalur (toko) dengan menggunakan sistem bagi hasil. Bisnis ini biasanya dilakukan untuk bisnis yang berskala kecil menengah, karena salah satu alasan bisnis ini dilakukan adalah sebagai solusi bagi pebisnis yang terkendala biaya promo sehingga bisa menitipkan barang dagangannya ke toko yang lain. Oleh karena itu, bisnis konsinyasi juga disebut sebagai salah satu cara pemasaran produk.

Sebenarnya cukup mudah untuk memulai bisnis konsinyasi, Anda cukup mencari toko yang akan menjadi partner Anda kemudian mulai menitipkan produk Anda ke toko mereka. Namun Anda harus teliti dan selektif dalam menentukan toko mana yang akan menjadi partner Anda.

Berikut tips yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai bisnis konsinyasi.

Tentukan Siapa Partner Konsinyasi Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan siapa yang akan menjadi partner konsinyasi Anda. Dalam hal ini diartikan apakah toko yang Anda pilih nanti memiliki segmen pasar yang sama atau berbeda.

Tentukan partner bisnis konsinyasi Anda [sumber]
Tentu saja pilihan Anda akan mempengaruhi penjualan produk Anda nanti. Misal Anda memilih toko yang memiliki segmen pasar yang sama, maka keuntungannya adalah produk Anda berada di toko yang target marketnya sesuai. Namun kelemahannya, produk Anda akan bersaing dengan produk toko itu sendiri. Agar produk Anda tetap memiliki penjualan yang bagus, produk Anda harus memiliki kualitas di atas produk toko tersebut.

Pastikan Partner Anda adalah Toko yang Kredibel

Anda harus memastikan yang menjadi partner konsinyasi Anda adalah orang yang memiliki kredibilitas tinggi. Anda bisa mencari tahu dahulu seperti apa orang tersebut, apakah dia merupakan orang yang bisa dipercaya atau tidak.

Looking for a Right Business Partner [sumber]
Selain itu, pastikan juga produk Anda dijual di tempat yang sesuai target marketnya dan jika memungkinkan pada toko tersebut tidak ada produk dengan jenis yang sama dengan produk Anda, agar produk Anda menjadi produk jual yang utama.

Tentukan Kesepakatan Konsinyasi

Buat kesepakatan dengan partner konsinyasi Anda [sumber]
Setelah Anda menentukan partner, mulailah untuk membuat kesepakatan dengan partner Anda. Kesepakatan harus jelas sebelum bisnis konsinyasi dimulai. Kesepakatan biasanya berkaitan dengan sistem penitipan produk, penentuan harga jual, pembagian hasil penjualan, jangka waktu pembayaran, dan lain-lain. Usahakan kesepakatan tidak merugikan kedua belah pihak.

 

Nah, setelah mengetahui tips di atas apakah Anda sudah yakin untuk memulai bisnis konsinyasi? Selamat mencoba!

Comments