Tips Jualan

Tingkatkan Engagement dengan Memanfaatkan 5 Fitur Baru Facebook!

Facebook memiliki beberapa strategi agar tidak ditinggalkan oleh penggunanya, salah satunya dengan cara mengupdate fitur yang dimiliki. Selain itu, update fitur juga diperlukan oleh Facebook agar setara dan mampu bersaing dengan para kompetitornya.

Akhir-akhir ini Facebook telah menguji beberapa fitur baru. Namun tidak semua fitur yang diuji akan diluncurkan secara penuh. Berdasarkan laman Social Media Today, Facebook terfokus pada fitur apa saja yang dapat meningkatkan ketertarikan pengguna dan fokus untuk membantu meningkatkan engagement. Bermanfaat sekali, bukan? Khususnya bagi Anda yang memanfaatkan Facebook untuk bisnis online.

Berikut 5 fitur baru Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan engagement toko Anda.

Fitur Reaction Store

Fitur Reaction memang bukan merupakan fitur yang penting pada sebuah media sosial. Namun sejak diluncurkannya pada Februari 2016, fitur ini mendapatkan tempat istimewa bagi beberapa pengguna Facebook.

Meningkatnya penggunaan respon emoji membuat Facebook ingin lebih menyempurnakan fitur ini. Untuk itu di perayaan 1 tahun fitur Reaction bulan Februari lalu, Facebook mengumumkan bahwa fitur Reaction akan membawa lebih banyak bobot dalam algoritma News Feed, karena pengguna yang telah menggunakan respon emoji cenderung menampilkan respons emosional yang lebih signifikan.

Fitur Reaction Store [sumber]

Lalu, bagaimana Facebook bisa meningkatkan penggunaan fitur Reaction?

Saat ini dalam kode back-end Facebook tersembunyi fitur Reactions Store. Fitur ini menawarkan berbagai Reaksi yang dapat dipilih untuk ditampilkan di profil Anda. Pilihan Anda hanya mengubah cara Reaksi ditampilkan kepada Anda, bukan bagaimana orang lain melihat tanggapan Anda.

Namun sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut apakah fitur Reaction Store ini akan diluncurkan secara penuh atau hanya di akun toko berbayar.

Facebook Stories

Fitur Stories yang sebelumnya hadir di Instagram dan WhatsApp, akhirnya menyambangi Facebook sekitar bulan Maret lalu. Kini, fitur tersebut sudah bisa digunakan semua pengguna Facebook di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Facebook Stories untuk membangun engagement toko Anda dengan pelanggan.

Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk lebih dekat dengan pelanggan Anda, misalnya untuk mengedukasi pelanggan tentang manfaat produk Anda, menunjukkan seperti apa gudang toko Anda, atau Anda juga bisa membangun personal branding dengan fitur ini.

Semakin sering Anda membuat Stories, semakin besar pula engagement yang bisa Anda bangun dengan pelanggan Anda.

Layanan Messenger Layaknya Tinder

Baru-baru ini Facebook meluncurkan fitur baru untuk layanan Messenger. Fitur ini menghubungkan pengguna dengan teman-temannya di platform Messenger Facebook.

Fitur Messenger Facebook, menghubungkan Anda dengan pelanggan setia toko Anda

Fitur yang baru diuji coba di sebagian wilayah Toronto, Kanada dan New Zealand ini memiliki kinerja layaknya aplikasi Tinder. Perbedaannya, fitur baru Facebook ini tidak menghubungkan dua orang asing. Melainkan, Messenger hanya akan memberi saran untuk bertemu pada orang-orang yang sudah ada dalam daftar teman dan yang ada dalam aplikasi Messenger.

Bagi Anda yang berjualan di akun personal, sepertinya fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda. Karena dengan fitur ini Anda bisa memaksimalkan penjualan di daerah tempat tinggal Anda dengan menggunakan layanan COD. Menawarkan produk secara langsung kepada pelanggan via Messenger memang tidak mudah, namun tidak ada salahnya kan untuk dicoba. 🙂

Integrasi dengan Whatsapp

Setelah terhubung dengan Instagram, sekarang Facebook juga mulai integrasi dengan aplikasi Whatsapp. Dengan adanya update fitur ini, seakan-akan Anda tidak perlu meninggalkan aplikasi Facebook, karena semua interaksi sosial dan transaksi bisnis dapat diselesaikan pada satu platform besar.

Integrasi Facebook dengan Whatsapp [sumber]

Update fitur ini terlihat ketika Anda melihat sebuah postingan di Facebook, Anda memiliki beberapa pilihan seperti Like, Comment, atau Share the post. Dengan adanya integrasi ke WhatsApp, Anda juga akan mendapatkan pilihan untuk mengirim postingan Anda ke salah satu kontak Anda dengan mengklik tombol khusus.

Perbedaan sebelum dan sesudah integrasi [sumber]

Dan jika Facebook telah menempatkan tombol WhatsApp di aplikasinya, maka itu bisa membuat Anda menjadi lebih mudah untuk berbagi informasi dengan pelanggan toko Anda di Facebook dan Whatsapp mereka dengan lebih cepat.

Membuat Polling dengan Fitur GIF

Dan fitur terakhir yang nampaknya sedang diuji coba dalam minggu ini adalah Anda bisa memilih untuk memasukkan fitur GIF saat akan membuat sebuah polling. Ini adalah cara yang menarik untuk meningkatkan engagement dan tidak diragukan lagi akan membantu Facebook toko Anda mendapatkan lebih banyak perhatian.

Nah, dari sekian banyak fitur yang disediakan di aplikasi Facebook, semoga Anda bisa memanfaatkan dengan baik untuk toko online Anda ya. Semoga bermanfaat!

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *