Tips Aman Terima Paket Online Shop untuk Cegah Penularan Virus Corona!

Penyebaran virus corona di Indonesia bisa dibilang begitu cepat. Pasalnya, baru awal masuk dan sekarang orang yang terhitung positif jumlahnya sudah ratusan orang, dan sepertinya angka ini akan terus merangkak naik. Akibat dari virus yang disebut juga dengan COVID-19 tersebut, banyak masyarakat resah dan pemerintah mulai menghimbau untuk sementara waktu masyarakat mengurangi aktivitas luar ruangan.

Sebagai ganti mengurangi kegiatan luar rumah, beberapa orang memilih melakukan pemesanan makanan atau kebutuhan lainnya secara online, alias delivery order. Tentu saja ini juga berpotensi menyebarkan virus corona meski kecil. Maka dari itulah, perhatikan hal-hal ini saat menerima paket online yang datang.

Tidak Melakukan Kontak dengan Kurir

Hal pertama yang perlu untuk dilakukan adalah tidak melakukan kontak dengan kurir pengantar. Dengan maraknya kasus virus corona, sudah mulai perusahaan jasa pengantaran menawarkan layanan “pemesanan tanpa kontak”. Jadi nantinya tidak akan ada kontak sama sekali antara penerima dan pengantar. Jika ingin memberi uang tip, coba cari tahu terlebih dahulu apakah bisa dilakukan secara online.

Membuka Paket di Luar Rumah

Untuk menjaga-jaga hal buruk terjadi, buka paket tersebut di luar rumah. Setelah dibuka, langsung buang kemasan ke tempat sampah yang berada di luar rumah pula. Sebagai informasi, berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di New England Journal of Medicine (NEJM), virus corona bisa bertahan selama 24 jam di permukaan kardus, dan 2-3 hari di plastik atau stainless steel.

Segera Semprot dengan Disinfektan

Setelah dibuka, segera semprot dengan disinfektan sebelum dibawa masuk ke dalam rumah. Untuk pencegahan ekstra, pakailah sarung tangan saat membuka dan menyemprotkan paket. Dengan begini setidaknya bisa lebih aman karena sudah melakukan pencegahan. Semprot juga permukaan-permukaan yang tersentuh oleh paket tersebut.

Segera Cuci Tangan Usai Membuka Paket

Tindakan pencegahan lainnya yang perlu dilakukan adalah segera mencuci tangan setelahnya. Cuci tangan minimal 20 detik dengan menggunakan sabun cuci sampai bersih. Jangan sepelekan mencuci tangan karena menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang berbasis di Amerika Serikat, mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik ampuh membunuh virus corona.

 

Tindakan pencegahan di atas perlu dilakukan untuk bisa memutus tali penyebaran virus yang menyerang sistem pernafasan ini. Selain itu usahakan untuk menerapkan pola hidup yang sehat supaya penyakit atau virus tidak mendekat.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  5 Jenis Produk yang Cocok dengan Bisnis Konsinyasi