Tips Bagi Anda yang Baru Mulai Berjualan Online

Memulai berjualan online sebenarnya bukanlah hal yang susah. Apalagi jika Anda memang suka berdagang. Jika sudah membuka sebuah toko online, kemudian apa yang harus dilakukan agar jualannya laris manis dan banyak pembeli yang memborong barang yang Anda jual?

Ada banyak hal-hal dasar yang perlu Anda ketahui mengenai berjualan online. Rangkuman beberapa poin di bawah ini semoga membantu:

Mulailah Sesuai Dengan Modal yang Dimiliki

Hal ini kerap menjadi kendala. Merasa tidak percaya diri karena modal yang dimiliki hanya sedikit. Padahal masalahnya bukan di situ. Tidak masalah dengan modal seadanya, yang penting niat dan juga rencana yang matang, bisa saja kok. Misalnya Anda memulai dengan system dropship.

jualan sesuai modal
jualan sesuai modal

Apa itu dropship? Yaitu menjual barang milik supplier. Jika ada yang laku, Anda tinggal bilang pada supplier tersebut untuk mengirimkannya pada pembeli Anda dengan memakai nama pengirimnya adalah Anda. Keuntungan Anda kumpulkan terus hingga terkumpul untuk modal yang dirasa cukup untuk menyetok barang sendiri, silakan berjualan sendiri tanpa system dropship.

Kompetisi Harga yang Terkadang Tidak Masuk Akal

Anda pasti tau fenomena tongkat narsis alias tongsis. Dulu harganya mahal bukan main dan makin ke sini malah dijual di pinggir jalan dengan harga satuan 20 ribuan saja. Gila kan?

diskon banting harga di mana-mana
diskon banting harga di mana-mana

Nah sebenarnya jika Anda ingin berjualan tongsis, tidak perlu juga ikut hancur-hancuran harga seperti itu. Misalnya tongsis yang Anda jual memang berharga mahal karena lebih berkualitas, tidak masalah saja. Tentu harus ada keunggulannya agar tidak tergerus dengan persaingan. Contohnya Anda bisa menjual tongsis yang dilapisi gambar warna-warni, ini tidak dijual oleh penjual lain bukan.

Manajemen Online Shop Sangatlah Penting

Sudah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya, bahwa manajemen stock dan juga waktu serta sumber daya manusia yang menggarap online shop ini penting sekali. Di sini peran aplikasi ngorder.id bagi usaha Anda. Membantu untuk mengatur pembukuan online shop secara online, ngorder memberikan kemudahan yang luar biasa.

manajemen waktu
manajemen olshop

Catat stock dan juga alur keluar masuk uang yang mendetail memang kedengarannya rumit. Tapi jika sudah terbiasa, bakalan memudahkan kok.

Harus Punya Stock Sabar yang Banyak

Anda pernah membeli di toko offline kemudian bertanya sampai detail mengenai barang yang akan Anda beli tapi akhirnya Anda tidak jadi beli? Hal-hal seperti itu juga bisa terjadi di dunia online shop. Bertanya ini itu hingga menghabiskan waktu eh ujungnya tidak jadi beli. Yang lebih parah lagi, sudah ditotalkan pesanannya eh tidak ada kabarnya alias hit n run.

penjual wajib sabar
penjual wajib sabar

Di sinilah peran penting Anda harus punya kesabaran yang berlimpah. Tidak hanya untuk menghadapi rupa-rupa sikap customer tapi juga menjaga agar Anda tidak cepat marah dan akhirnya putus asa berjualan online.

Pilih-Pilih Supplier yang Tepat

Artikel mengenai hal ini sudah diulas pada artikel sebelumnya. Rangkuman singkatnya adalah, pilihlah supplier yang terpercaya dan juga lokasinya tidak jauh dari tempat Anda. Kenapa begitu?

manis-hijub

Ini agar Anda tidak tertipu dan juga biaya ongkos kirim barang dari supplier tidak membengkak. Bagaimana jika suppliernya jauh tapi harga barang terjangkau? Tidak masalah, tetap pilih ekspedisi dengan pelayanan yang baik dan harga yang terjangkau.

Bagaimana, memulai online shop tidak terlalu susah bukan? Semangat ya!

Comments