Tips Jualan

Tips Belanja Aman di Marketplace, Bebas Membeli Tanpa Takut Tertipu

Free trial APlikasi menejemen toko online Ngorder.id

Belanja online begitu memudahkan, mulai dari hemat tenaga sampai dengan waktu. Tinggal menunggu di rumah, barang akan diantarkan oleh kurir. Belanja jadi begitu gampang, bukan? Apalagi sekarang sudah banyak marketplace di Indonesia, bisa membandingkan harga juga. Tapi tentu ada ketakutan tersendiri saat akan belanja online, salah satunya jika tertipu. Mari ikuti tips-tips berikut ini supaya bisa belanja dengan nyaman dan aman di marketplace.

Pilih Marketplace Profesional dan Terpercaya

Hal utama yang perlu untuk dilakukan adalah memilih marketplace profesional dan terpercaya. Sudah banyak ulasan mengenai marketplace tertentu di internet, perlu teliti dan hati-hati sebelum memutuskan. Untuk marketplace-nya sendiri, pilih yang aman. Tandanya adalah adanya tanda gembok yang letaknya berada di address bar di browser. Sebagai informasi, tanda gembok ini menandakan jika web tersebut sudah aman dan terenkripsi. Selain itu, periksa juga ulasan yang diberikan oleh para penggunanya.

Pilih Toko yang Terpercaya

Akan banyak sekali pilihan toko di marketplace. Supaya tidak mudah tertipu toko yang menjual barang abal-abal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Perhatikan bintang, rate, sampai dengan peringkat. Selain itu perhatikan juga jumlah transaksi yang telah dilakukan oleh seller. Selain itu satu hal lagi, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Toko terpercaya biasanya akan memberikan harga yang sedang ataupun tidak terlalu jauh dengan harga asli. Kecuali jika sedang ada promosi. Jika memungkinkan belilah di official store brand tersebut.

Baca Informasi dengan Cermat

Saat hendak membeli sesuatu, baca semua informasinya dengan teliti dan cermat jika baru pertama kali melakukan transaksi. Bagaimana prosedur pembayaran, pengiriman, sampai dengan pengembalian. Juga jangan lupa membaca berbagai detail barang yang akan dibeli. Memang terlihat sepele, namun cukup membantu jika nanti terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Baca Ulasan dari Pembeli Sebelumnya

Sudah cocok dengan toko yang akan dibeli, hal lainnya perlu untuk diperhatikan adalah ulasan dari pembeli. Review ini akan menjadi petimbangan sebelum membeli. Banyak marketplace yang memberikan ulasan, bahkan pembeli mencantumkan serta foto produk. Tidak ada salahnya untuk membaca review dari para pembeli sebelumnya.

 

Usahakan untuk tidak terburu-buru dalam membeli barang di marketplace. Tanya penjual jika dirasa ada informasi-informasi yang kurang jelas. Utamakan hati-hati supaya tidak menjadi korban penipuan. Selamat berbelanja.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Ide Pemasaran untuk Target Marketing Orang Islam di Bulan Ramadan!
Free trial APlikasi menejemen toko online Ngorder.id
Related posts
Tips Jualan

Inilah 5 Kesalahan fatal seller Shopee yang sering dilakukan

Tips Jualan

Cara Menjadi Star Seller Shopee

Tips Jualan

Tips Cara & Keuntungan Jualan di Shopee

Tips Jualan

4 Strategi Ampuh Menjalankan Bisnis Selama New Normal, Dapatkan Target Maksimal!

Langganan Artikel Ngorder Sekarang, Gratis!