Tips Bijak Menggunakan Uang THR

Hari Raya Idul Fitri telah usai namun ada satu hal yang masih tersisa dari hari raya umat Islam tersebut, yaitu uang THR. Memang tidak salah menghabiskan uang THR untuk hal-hal yang menyenangkan bagi diri sendiri seperti membeli handphone terbaru, berbelanja mengikuti tren fashion saat ini, tapi apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Aktualisasi diri tidak hanya sekedar menunjukkan update barang terbaru di media sosial ataupun melakukan hal-hal yang sedang kekinian. Ternyata terdapat banyak cara untuk mengaktualisasi diri namun tetap bijak dan produktif menggunakan uang THR yang Anda dapatkan. Yuk simak daftar kegiatan produktif berikut ini sebelum merencanakan pengeluaran uang THR !

1. Gunakan Uang THR untuk Meningkatkan Skills

Pada era berkembang seperti saat ini sangat mudah bagi Anda yang ingin meningkatkan skill dalam berbagai bidang yang diinginkan, terdapat akses internet yang memadahi dan cukup sebagai bekal dalam mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat. Contohnya jika ingin belajar bisnis dan membuka startup, Anda bisa mengikuti seminar atau workshop entrepreneur terdekat di kota Anda. Ingin terjun ke dunia digital imaging? Ikutilah kursus singkat desain grafis yang bisa meningkatkan skill Adobe Illustrator/Photoshop Anda. Daripada menghabiskan uang THR untuk makan mewah di sky bar, lebih baik Anda gunakan untuk menambah skill kan?

2. Investasi Kecil-Kecilan

Siapa bilang Anda harus mengeluarkan dana selangit untuk berinvestasi? Dengan uang THR yang Anda dapat sebenarnya sudah cukup untuk melakukan investasi kecil-kecilanContohnya adalah dengan melakukan investasi reksa dana yang dengan modal 100 ribu rupiah, Anda sudah bisa menanam saham. Anda juga bisa melakukan instrumen investasi lainnya melalui beberapa situs yang menyediakan fitur peer to peer lending.Cara kerja situs ini Anda bisa menginvestasikan uang ke perusahaan yang kira-kira menjanjikan, dan Anda akan mendapatkan keuntungan dari profit mereka. Jika masih ragu-ragu, Anda bisa membeli bentuk investasi konvensional seperti membeli emas yang harganya cenderung naik terus setiap tahun.

3. Modal Usaha

Pengaruh iklim entrepreneurship sedang naik daun. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membangun startup,Anda bisa menggunakan uang THR sebagai modal usaha demi masa depan. Dana ini juga bisa Anda lakukan untuk menunjang usaha yang sedang dijalani, seperti membayar biaya iklan digital atau pengembangan aplikasi yang Anda miliki. Uang THR ini tidak serta merta harus Anda habiskan dalam sekali waktu, namun bisa juga untuk disimpan sebagai dana cadangan usaha yang sedang Anda jalankan.

4. Beli Gadget untuk Mendukung Profesi

Sebagai seorang pekerja atau entrepreneur, Anda juga bisa membelanjakan uang THR dengan membeli benda-benda yang mendukung profesi. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan dengan poin nomor satu, yakni menginvestasikan uang untuk mendukung skill Anda. Misalnya jika Anda adalah seorang desainer, gunakan uang THR untuk membeli peralatan  seperti drawing pad terbaru atau laptop grafis yang lebih canggih. Bagi Anda yang sedang bekerja sebagai fotografer, Anda bisa membeli lensa kamera terbaru untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas.

Demikian beberapa kegiatan produktif yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan uang THR. Berbagi dengan sesama dengan menyisihkan sedikit uang THR Anda juga akan membuat usaha yang Anda jalankan semakin berkah. Selalu gunakan uang THR Anda sebaik mungkin ya, semoga tips bijak diatas bermanfaat bagi Anda 🙂

Comments