Tips Cara & Keuntungan Jualan di Shopee

Ngorder.ID Aplikasi Menejemen Penjualan Online — Berjualan Online di marketplace merupakan salah satu cara mudah pemasaran digital untuk bisnis Sobat. Terlebih saat ini tidak hanya pengusaha UKM saja yang banyak memanfaatkan marketplace sebagai alat untuk berjualan online, begitu juga dengan fenomena brand brand besar pun ikut berjualan melalui marketplace. 

berjualan di marketplace memanglah sudah menjadi trend yang tidak terlepas dari behavior konsumen yang saat ini banyak menghabiskan waktunya untuk mencari situs atau aplikasi belanja online dengan menggunakan desktop atau bahkan langsung dengan smartphonenya. 

Tentu saja inilah alasan kenapa para brand besar dan perusahaan raksasa menjangkau target audiencenya dengan menggunakan marketplace sebagai alat untuk menyasar dan menarik banyak minat konsumenya.

Shopee Marketplace Raksasa di Indonesia

Salah satu e-commerce marketplace yang saat ini telah menjadi pusat perhatian dan juga booming yaitu Shopee. Hampir seluruh masyarakat indonesia mengenai aplikasi Belanja online Shopee, yang hadir di Indonesia sejak akhir 2015 dengan fokus menyediakan platform yang dapat dipakai untuk belanja online cukup dengan melalui smartphone baik yang menggunakan ponsel berbasis Android atau iOS. 

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee telah berhasil menarik perhatian jutaan masyarakat Indonesia yang telah terbukti dengan melimpahnya transaksi juga produk yang sold setiap harinya. Bagi Sobat yang sedang mencari marketplace yang paling pas untuk berjualan online, bergabung menjadi seller di Shopee bisa menjadi pilihan yang tepat.  Bagaimana cara dan Tips berjualan di marketplace terbaik di Indonesia ini?

Cara dan tips jualan di Shopee

Untuk dapat menjadi seller di Shopee, hal yang dapat Sobat lakukan yaitu menginstal aplikasi Shopee ke Smartphone Sobat. Setelah itu pada halaman profil Sobat dapat masuk ke halaman Seller untuk mengunggah/upload produk yang akan dijual beserta dengan deskripsi lengkapnya.

cara mudah jualan online di shopee

Dibawah ini adalah panduan lengkap yang dapat membantu Sobat langsung berjualan di aplikasi Shopee Indonesia:

  1. Pastikan bahwa produk yang akan dijual bukanlah termasuk produk yang dilarang untuk dijual. Berikut ini adalah Daftar produk yang tidak boleh dijual di Shopee yang bisa Sobat lihat di sini https://shopee.co.id/docs/3000.
  2. Dari halaman profil, silahkan tap tombol “Jual” untuk mengupload gambar produk dan mengambil foto produk yang telah disiapkan pada galeri Sobat. Atau sobat juga dapat mengunggah foto yang telah dipajang pada Instagram langsung tanpa harus screenshot. Foto maksimal untuk satu produk yaitu 9 buah.
  3. Isi detail deskripsi produknya seperti pada kategori, harga, stok, variasi, berat, dan juga harga ongkos kirimnya.
  4. Untuk jenis produk yang pengepakannya membutuhkan waktu beberapa hari, Sobat dapat mengaktifkan fitur “Pre-Order” dengan jangka waktu pengemasan mulai dari 7 hingga 15 hari.
  5. Jangan lupa untuk menambahkah hashtag pada deskripsi produk untuk memudahkan pencarian produk oleh konsumen.
  6. Klik tanda centang atau “Simpan” setelah semua keterangan telah terisi dan barang jualan Sobat pun akan secara otomatis tampil di platform Shopee.

Keuntungan & Cara Mudah daftar Shopee Seller Center

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Shopee memberikan layanan sistem yang memudahkan para Seller untuk berjualan dan memaksimalkan keuntungannya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan fitur Shopee Seller Center yang memberikan kemudahan pengelolaan toko online Sobat dengan menggunakan komputer.

Keuntungan yang bisa Sobat dapatkan dengan menggunakan fitur ini yaitu mengunggah, mengedit, dan juga menghapus foto jualan. Sobat juga bisa mengecek dan mencetak hasil jualan langsung dalam bentuk file Excel, menambahkan keterangan bahkan menambahkan link video pada deskripsi produk Sobat, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Untuk bergabung dengan Shopee Seller Center, Sobat bisa masuk ke halaman ini https://seller.shopee.co.id/.

Apa saja keuntungan yang bisa Sobat dapatkan sebagai Seller di Shopee. Berikut penulis akan uraikan satu persatu.

Keuntungan jualan di Shopee untuk pengusaha UKM

Selain sebagai tempat belanja online anak muda jaman sekarang, tentunya faktor kesuksesan Shopee tidak lepas dari partisipasi para Seller yang tergabung di marketplace tersebut. Kepuasan para konsumen belanja di Shopee tentunya jadi magnet bagi para pengusaha untuk ikut mengadu peruntungan jualan di Shopee dan mendapatkan jatah dari sekian banyak konsumen aktif di Shopee.

Salah satu keuntungan berjualan di Shopee yaitu Sobat bisa berjualan produk apa saja karena Shopee punya kategori produk yang sangat luas mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga produk barang mewah. Selain itu Shopee juga punya program gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia yang makin menarik para konsumen untuk belanja produk yang Sobat jual.

Keuntungan menjadi Seller di Shopee

Berikut yaitu keuntungan jualan di Shopee yang bisa jadi pertimbangan Sobat untuk bergabung di marketplace ini:

1. Fitur live chat

Shopee menyediakan fitur live chat yang bisa digunakan oleh Seller berkomunikasi secara langsung kepada konsumennya. Misalnya ketika stok barang yang dipesan sudah habis atau sedang menunggu stok yang baru. Sobat bisa menanyakan langsung ke pembeli apakah ingin menunggu barang atau mengganti varian barang, jadi tidak langsung cancel. Dengan demikian resiko mendapatkan rating jelek dari pembeli bisa dikurangi karena adanya komunikasi yang baik.

2.  Produk bisa di “up”

Shopee menyediakan fitur beriklan bagi para Sellernya agar produknya bisa muncul pada urutan teratas ketika ada calon pembeli yang mencari produk dengan kata kunci tertentu. Sobat bisa memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan Selleran produk Sobat.Tapi ada juga yang gratis. Shopee menyediakan fitur sundulan untuk maksimal 5 produk Sobat sesuai dengan kategorinya setiap 4 jam sekali. Dengan begitu makin banyak calon pembeli yang melihat produk Sobat.

3. Dukungan sistem yang memudahkan dan menguntungkan Seller

Shopee banyak menyediakan panduan untuk Seller yang bisa Sobat dapatkan di https://help.shopee.co.id/ untuk menjawab segala macam pertanyaan yang berkaitan dengan fitur, promo, dan juga tips berjualan.

4. Potensi transaksi yang besar

Data yang didatakan dari event Harbolnas Shopee tahun 2017 menunjukkan hampir 3 juta barang terjual,  yang meningkat sekitar 6x dibandingkan dari tahun 2016.  Produk yang paling banyak dijual yaitu produk perawatan, kosmetik, dan juga aksesoris gadget. Sobat bisa menjadi bagian dari transaksi yang luar biasa ini dengan menjadi Seller di Shopee sekarang.

Pengguna aplikasi Shopee sering melihat produk-produk yang dipromosikan melalui kampanye yang dipasang pada banner dan halaman depan Shopee. Bagi Sobat yang ingin produknya ikut serta dalam kampanye promo ini, bisa mengirimkan email ke alamat email Shopee yang sudah tersedia yang nantinya produk dengan harga dan display terbaik akan dipilih untuk diikutsertakan dalam kampanye. Sobat tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak transaksi bukan?

Masih banyak lagi tips yang bisa Sobat gunakan untuk lancar dan sukses jualan di Shopee. Sobat bisa mendapatkan jawaban atas segala pertanyaan Sobat sebagai Seller dengan membuka halaman ini. Apabila belum jelas, pertanyaan Sobat bisa dikirimkan melalui email yang nantinya akan direspon oleh pihak Shopee sebagai solusi masalah Sobat.

Shopee merupakan salah satu platform marketplace yang aman untuk melakukan transaksi di mana antara seller dengan pembeli akan disediakan rekening bersama (REKBER) sehingga tidak ada kontak perbankan langsung antara pembeli dengan Seller. Menarik uang dari akun Shopee pun prosesnya sangat cepat dan mudah, Sobat bisa langsung menarik uang pembayaran dari pembeli segera setelah pembayaran dari pembeli dikirimkan oleh Shopee ke rekening atau akun Sobat. 

Hadir juga aplikasi yang membantu untuk rekap dan menejemen order penjualan online anda, dan juga terintegrasi dengan aplikasi Shoope, yaitu Ngorder.id sebagai solusi inventori menejemen penjualan online anda.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  6 Cara Mudah Tingkatkan Engagement di Facebook, Pelajari dan Terapkan!