5 Tips Memulai Endorse Produk Online Shop

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam dunia bisnis adalah strategi pemasaran atau promosi. Tujuan dilakukannya promosi untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi calon pembeli, sehingga hasil penjualan pun akan semakin meningkat. Oleh karena itu, strategi promosi sangat diperlukan jika Anda ingin barang dagangan Anda ludes terjual.

Para pelaku bisnis online memanfaatkan berbagai media sosial seperti facebook, twitter, BBM, dan instagram untuk mempromosikan barang yang mereka jual. Berbagai strategi mereka lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah ruah.

Strategi promosi yang sedang diminati pebisnis online adalah sistem endorsement. Sistem endorsement adalah bentuk kerja sama yang dibangun antara pemilik produk (pebisnis online) dengan orang biasa, figur publik, hingga selebriti untuk memberikan testimoni sebagai ajang promosi.

Nah, berikut ini adalah tips memulai sistem endorsement untuk bisnis online Anda.

Tentukan Figur Publik yang Tepat dan Cocok

Akhir-akhir ini banyak figur publik yang menerima sistem endorsement. Figur publik yang kerap mendapatkan endorse dari pebisnis online adalah profesi artis. Sebelum Anda memberikan endorse, ada baiknya Anda melakukan stalk ke beberapa akun media sosial artis tersebut, apakah image mereka mendukung image dari produk Anda atau tidak.

Endorse Artis
Endorse Artis [sumber]
Lalu apakah mereka sudah pernah mendapatkan endorse produk serupa, jika sudah pernah dan responnya bagus, maka memudahkan Anda untuk masuk.

Pertimbangkan Budget

Dalam sistem endorsement, ada beberapa artis yang memberikannya secara cuma-cuma, artinya mereka tidak memberikan syarat-syarat tertentu. Namun ada juga artis yang memasang tarif endorse hingga jutaan rupiah. Nah, jika Anda memilih endorse ke artis yang memasang tarif mahal, pastikan Anda memiliki budget yang maksimal ya.

Tentukan Produk

Contoh Produk Endorse
Contoh Produk Endorse

Tujuan endorsement adalah meningkatkan penjualan. Jadi pilihlah produk yang paling unik, menarik, dan sesuai dengan artis yang akan Anda endorse. Produk yang unik dan menarik akan menambah keinginan dari para follower sang artis untuk memiliki barang yang sama seperti artis pujaan mereka. Follower yang jumlahnya ribuan akan melihat dan memberikan LIKE mereka. Tentunya dengan harapan mereka tahu harus kemana mencari produk yang dipakai oleh artis pujaannya.

Lakukan Negosiasi

Setelah menentukan artis dan produk yang akan di-endorse, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menghubungi artis tersebut dan melakukan negosiasi. Anda bisa menghubungi mereka melalui contact person yang terdapat di akun media sosial mereka. Atau bisa juga dengan cara memberikan komentar di postingan si artis.

Kesepakatan dengan artis
Kesepakatan dengan artis [sumber]
Ada beberapa artis yang memberikan persyaratan tertentu, misal hanya menerima endorse produk tertentu, memberikan tarif yang berbeda untuk beberapa jenis produk, atau berapa lama produk Anda akan dipertahankan di akun media sosial mereka. Untuk mempermudah Anda dalam bernegosiasi, pastikan Anda sudah mengetahui persyaratan tersebut.

Jadikan Langganan

Setelah negosiasi sudah menemukan kata sepakat, maka segeralah kirim produk yang telah disepakati dengan si artis. Sebelumnya periksa baik-baik produknya, jangan sampai ada kerusakan produk karena jika itu terjadi si artis bisa saja membatalkan kerjasamanya. Dengan pelayanan yang super rapi, dapat dipastikan si artis akan terbuka terhadap endorse yang datang dari online shop Anda.

Selamat mencoba!

Comments