Ini Dia, Tips Endorse Produk ke Selebgram!

Para pebisnis online pasti menginginkan penjualan produk yang meningkat setiap harinya. Sebagian besar dari mereka rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk sekedar promosi. Salah satu teknik promosi yang sedang booming saat ini adalah endorse.

Endorse sering kali diberikan kepada artis yang kerap wira-wiri di layar televisi. Sebagian besar artis mematok harga endorse yang bisa dibilang cukup fantastis, ditambah lagi jika artis tersebut memiliki jumlah follower yang banyak di akun instagramnya maka akan semakin mahal harga yang mereka pasang.

Bagi Anda yang baru terjun dalam bisnis online dan ingin mencoba sistem endorse, pastinya Anda akan berpikir dua kali untuk menghabiskan budget bisnis Anda untuk membayar endorse ke artis. Tenang saja, saat ini mulai bermunculan akun-akun terkenal di instagram yang memiliki jumlah follower dan like yang tidak kalah banyaknya dengan artis. Mereka disebut sebagai selebgram atau selebritis instagram.

Pemilik akun selebgram bukan berasal dari kalangan artis terkenal. Mereka adalah orang biasa yang memiliki keunikan di setiap postingan fotonya. Dan yang paling penting harga yang mereka pasang tidak semahal artis.

Berikut ini adalah tips endorse produk untuk para selebgram yang wajib untuk Anda ketahui.

Lihat Profil Selebgram

Selebgram @joyagh
Selebgram @joyagh

Sebelum Anda mulai meng-endorse, kenali dulu karakter selebgram yang Anda pilih. Sesuaikan produk yang Anda tawarkan dengan selebgram tersebut. Misalnya saja produk yang Anda tawarkan adalah jilbab, maka carilah selebgram yang berhijab dan memiliki style hijab yang fresh.

Cek Koleksi Foto Selebgram

Selebgram @nabilazirus
Selebgram @nabilazirus

Seorang selebgram dituntut menjadi pribadi yang kreatif dan unik untuk meningkatkan jumlah followernya. Kreativitas mereka bisa dilihat dari hasil foto yang mereka post di akun instagram. Jika hasil foto mereka bagus, maka bisa dikatakan bahwa mereka adalah selebgram yang profesional.

Cek Jumlah Like dan Comment

Selebgram @ameliaelle
Selebgram @ameliaelle

Jumlah follower yang banyak tidak menentukan bahwa selebgram tersebut cocok menjadi mitra Anda. Selain jumlah follower, Anda perlu melihat jumlah like dan comment di setiap postingan foto mereka. Ada selebgram yang memiliki follower tidak lebih dari 50.000, namun jumlah like di setiap postingannya rata-rata 3.000 likes. Namun ada juga selebgram yang memiliki lebih dari 100.000 followers, jumlah like-nya hanya 1.000 likes.

Bandingkan dengan Selebgram Lain

Anda boleh saja mematok budget lebih untuk promosi produk, namun akan jauh lebih baik jika Anda melakukan riset harga atau fee sebelum Anda memutuskan ingin bekerja sama dengan selebgram tertentu. Carilah beberapa selebgram yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Dan tanyakan harga atau fee yang mereka patok. Anda bisa memilih selebgram yang mematok harga sesuai dengan budget yang Anda siapkan.

Itu dia tips endorse produk ke selebgram. Semoga bermanfaat.

Comments