Tips Membuat Customer Selalu Bahagia

Mempunyai pelanggan setia sangatlah penting untuk mendapatkan pemasukan jangka panjang serta menekan biaya pemasaran sebuah perusahaan. Untuk menarik pelanggan setia, Anda perlu menyediakan produk dan jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah. Bahkan bukan sekedar memenuhi kebutuhannya, Anda juga perlu meningkatkan pengalaman dan pelayanan agar pelanggan Anda semakin puas. Untuk membuat pelanggan puas dan selalu kembali belanja ke bisnis Anda, dibutuhkan suatu usaha yang sungguh-sungguh. Ingat pepatah, apa yang Anda tabur, akan Anda tuai juga. Yuk simak beberapa tips yang bisa membuat pelanggan Anda puas dengan produk dan pelayanan Anda 🙂

Sebelum Penjualan 

  • Ketahui kebutuhan dan ekspektasi customer terhadap produk atau jasa Anda
  • Sediakan fasilitas atau fitur yang umum dibutuhkan oleh customer Anda
  • Cari tahu tentang masalah yang sering dihapadapi customer dan berikan solusinya untuk mengatasi masalah tersebut
  • Rencanakan dan catat semua kebutuhan, masalah serta solusi bagi customer. Pastikan juga bahwa Anda dan karyawan Anda dapat menjawab semua pertanyaan customer.

Selama Masa Penjualan

  • Customer adalah bagian terpenting dari bisnis Anda, dan pelayanan customer yang baik akan membantu Anda untuk tetap menjaga hubungan baik dengan para customer, agar mereka tetap setia menggunakan produk Anda
  • Buatlah customer service plan dengan tujuan untuk mengevaluasi kemampuan bisnis Anda. Rencana tersebut digunakan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan produk atau jasa Anda. Selain itu, customer service plan menggabungkan permintaan dan keluhan customer untuk memperbaiki layanan dan meningkatkan pengalaman customer di masa datang. Dengan mengumpulkan informasi seperti itu, perusahaan belajar tentang aspek-aspek apa saja yang menjadi kelebihan dan aspek lainnya yang masih menjadi kelemahan.
  • Anda dan karyawan harus memahami customer service plan yang telah dibuat dan juga beberapa teknik dasar dalam melayani customer
  • Owner atau manajer harus bersedia untuk membantu melayani customer bila memungkinkan, sekaligus memberi contoh bagaimana melakukan pelayanan terbaik bagi karyawan lainnya
  • Selalu ucapkan terima kasih kepada customer pada saat penjualan, bisa juga dengan mengapresiasi pembelanjaan customer dengan doorprize atau hadiah menarik lainnya sebagai reward atas pembelanjaan mereka

Setelah Selesai Transaksi

  • Bersikaplah proaktif dengan menanyakan kritik dan saran customer yang telah melakukan pembelian demi kemajuan produk Anda
  • Jangan lupa untuk menyediakan tempat atau kotak saran bagi customer yang ingin menuliskan kritik dan saran tentang produk Anda
  • Follow up customer yang telah melakukan pembelian, dengan mengirim email atau menghubungi langsung dan menanyakan tentang kesan pesan mereka saat menggunakan produk atau jasa Anda
  • Atur rencana cadangan jika terjadi ketidakpuasan customer pada produk atau jasa Anda, intinya jangan sampai Anda terlalu mengecewakan customer Anda

Usahakan Agar Customer Melakukan Transaksi Lagi

  • Tidak ada satupun orang yang mengerti kebutuhan orang lain selain orang itu sendiri, begitupun dengan kebutuham customer Anda, hanya mereka sendiri yang tahu betul apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Jadi, jangan anggap remeh kritik dan saran yang mereka berikan pada Anda. Pertimbangkan untuk memenuhi saran dari mereka agar selalu puas dengan produk Anda
  • Tunjukkan pada customer Anda bahwa pendapat dan saran mereka sangatlah penting bagi kemajuan produk Anda, dengan begitu customer tidak akan kecewa dengan pelayanan dan produk Anda, dan tidak menutup kemungkinan untuk selalu menjadi pelanggan setia Anda bahkan ikut mempromosikan produk atau jasa Anda pada orang lain.

Nah, itu dia tips-tips cerdas dari awal pembelian hingga pembelian selanjutnya yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Semoga bermanfaat 😉

Comments