Tips Jualan

Tips Memilih Barang yang Tepat untuk Bisnis Dropship!

Dropship merupakan bisnis online yang belakangan makin digemari. Selain tidak memerlukan modal yang besar, usaha ini juga bisa dibilang minim risiko. Meskipun begitu, keuntungan yang didapatkan juga tidak tanggung-tanggung jika dilakukan secara telaten dan sudah memiliki pelanggan tetap. Namun salah satu tantangan awalnya adalah memilih produk yang tepat untuk ditawarkan.

Berdasarkan shopify.com, salah satu kesalahan utama para pemula dropshipper adalah memilih barang yang sesuai dengan ketertarikan atau passion. Bisa diterima jika ingin membeli sesuatu, tapi dalam hal bisnis sepertinya tidak. Jika berorientasi pada keuntungan, seringkali perlu mengabaikan hal tersebut. Supaya tidak bingung, inilah beberapa cara tentukan produk yang tepat untuk dropship.

Pilih Barang Sesuai dengan Target Pasar

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah siapa orang yang ditargetkan. Apakah itu orang-orang yang menggeluti hobinya, mereka yang berorientasi pada bisnis, atau kebutuhan sehari-hari. Target yang tepat akan menentukan keuntungan yang didapat.

Mari diulas satu persatu. Pertama jika yang ditargetkan adalah mereka yang gemar dengan hobinya, bisa mengeluarkan uang lebih banyak. Sudah banyak mountain bikers atau pesepeda gunung yang memiliki sepeda yang lebih mahal dibandingkan mobilnya. Orang-orang yang gemar memancing akan tertarik dengan perahu atau perlengkapan memancing. Dan masih banyak lagi contohnya.

Kemudian ada target yang berorientasi dengan bisnis. Berbeda dengan target para pecinta hobi, orang-orang yang bergelut dalam dunia bisnis kerap kali lebih sensitif dengan harga. Karena mereka akan kerap membeli barang dalam jumlah yang lebih besar, jika dibanding pembeli individu. Setelah nantinya membangun hubungan baik, bisa menjadi pelanggan tetap dan keuntungan bisa berkali-kali lipat.

Terakhir ada barang-barang kebutuhan sehari-hari atau sekali pakai. Pembeli dengan target ini lebih menjanjikan karena kerap melakukan order. Jika sudah menjadi pelanggan, pemesanan berulang pun akan memunginkan. Maka dari itu selalu jaga hubungan baik dengan para pelanggan, baik calon maupun yang potensial.

Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Setelah memutuskan barang yang akan dijual, ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan. Misalnya dari segi harga saat pre-sale. Pastikan harga tidak terlalu tinggi ataupun rendah. Maka dari itulah, perlu adanya survei pasar dan melihat bagaimana para pesaing melakukan strateginya. Selain itu, memilih supplier yang terpercaya dan jangan tergiur dengan harga yang murah saja namun lihat kualitasnya.

 

Bisnis dropship memang menarik untuk dilakukan. Tapi tentu saja perlu bekal-bekal pengetahuan supaya bisnis yang dijalankan bisa menghasilkan laba sesuai dengan target.

Related posts
Tips Jualan

Tips Digital Marketing saat Ramadan, Ibadah Jalan Bisnis Makin Berkembang!

Tips Jualan

Tips Digital Marketing Menggunakan TikTok, Era Baru Media Pemasaran!

Tips Jualan

Cara Perusahaan Beri Dukungan Karyawan Saat Ramadan!

Tips Jualan

6 Cara Mudah untuk Bisa Kerja dengan Maksimal Meski sedang Puasa!

Sign up for our Newsletter and
stay informed