Tips Mendapatkan Supplier yang Tepat Untuk Online Shop Anda

Berjualan barang berarti kita membutuhkan barang untuk dijual. Meskipun itu kita memproduksinya sendiri (misal: makanan) tapi kita tetap butuh pemasok atau yang lazim disebut supplier untuk mendapatkan bahan bakunya bukan? Ini menjadi hal penting. Jangan sampai kita menjual barang yang tidak berkualitas, apalagi memesan barang dari supplier yang ternyata jauh dari yang kita harapkan.

Ada beberapa tips yang bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari supplier untuk barang dagangan atau bahan baku usaha Anda. Semoga bermanfaat:

Cari Sebanyak Mungkin Rekomendasi Supplier

Sama seperti saat kita memilih-milih sebelum membeli sesuatu, tidak ada salahnya mengumpulkan rekomendasi supplier sebanyak mungkin. Jangan malas untuk melakukan survey atau mengeluarkan uang untuk membeli sample barang dari pemasok. Ini memastikan agar kita tidak tertipu di tengah jalan.

Cara mengumpulkan supplier juga bisa secara offline ataupun online. Periksa track record-nya, pastikan bukan supplier “abal-abal”. Dengan begitu, Anda akan lebih aman dalam bertransaksi. Membandingkan harga juga perlu, namun perlu diingat bahwa kualitas juga penting dan bisa jadi itu yang terpenting.

Apakah Supplier Bisa Memasok Dengan Rutin

Jika Online shop Anda semakin besar, maka Anda akan membutuhkan barang atau bahan baku secara rutin. Nah, apakah supplier Anda bisa memasoknya dengan interval yang teratur? Bahaya jika kehabisan di tengah jalan, Anda produksi atau jualannya juga akan ikut macet.

Memiliki lebih dari 1 supplier untuk barang atau bahan baku yang Anda butuhkan juga merupakan ide yang bagus. Jika harga tidak selisih banyak dan kualitasnya sama, maka ini bisa dijadikan cadangan. Kalau-kalau supplier utama tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda, maka usaha Anda masih akan tetap berjalan.

Lokasi Supplier

Mari kita ambil contoh barang berupa tas impor dari Hong Kong. Biasanya suppliernya paling banyak terdapat di Jakarta dan Batam. Hal ini wajar karena Batam merupakan pintu masuk bagi barang dari luar negeri. Jika mengambil barang dalam jumlah banyak, maka memiliki supplier yang lokasinya jauh dari tempat Anda sebenarnya tidak masalah. Pengiriman barang bisa melalui ekspedisi kargo yang lebih terjangkau.

Namun jika jarak adalah halangan, misalnya Anda berjualan kosmetik dan rawan rusak di tengah jalan, pilih supplier yang lokasinya dekat dengan Anda. Pengiriman menggunakan kendaraan darat lebih memperkecil kemungkinan kerusakan barang dibanding dengan pesawat udara. Misal Anda tinggal di Surabaya, maka supplier dari Jakarta bisa menjadi pilihan yang tepat.

Supplier dengan Servis yang Bagus

Pernahkah Anda membeli barang dengan harga murah tapi penjualnya judes? Jengkel sekali bukan, dan rasanya menyesal kenapa membeli di tempat tersebut. Jika supplier, maka ini adalah neraka. Bagaimanapun juga, Anda akan kerap berkomunikasi dengan mereka. Jika pelayanannya saja tidak mengenakkan, maka sebaiknya dihindari saja.

Pilih supplier yang pelayanannya professional serta ramah. Apalagi jika loyal memberi diskon karena Anda membeli dalam jumlah yang sangat banyak, ini lebih menguntungkan lagi. Maka dari itu jangan pernah bermalas-malasan untuk mencari supplier yang tepat.

Mencari supplier memang mudah-mudah susah, tapi jika Anda mau berusaha maka akan mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga sukses selalu!

Comments