Sebagi pelaku usaha, terkadang Anda harus berada pada posisi dimana harus menghadapi customer yang marah karena kecewa pada satu atau dua hal. Menangani pelanggan yang marah merupakan salah satu dari aspek paling menantang dalam suatu pekerjaan. Baik berhadapan langsung atau lewat telepon, kemungkinan Anda akan berhadapan dengan rasa frustasi, kemarahan dan ketidaksabaran. Kunci keberhasilan dalam menangani pelanggan yang marah adalah dengan bersikap tenang. Berikut adalah tips agar Anda bisa menangani customer yang sedang marah dan juga bisa memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka :

Jangan membantah perkataan customer, sebaliknya, berpihaklah pada mereka meskipun mereka salah

Tetaplah tenang, sopan dan bersikap profesional apapun yang customer katakan pada Anda. Kesabaran Anda dalam menghadapi customer sangat diperlukan.

Jangan mudah tersinggung, karena kemungkinan itu bukan salah Anda. Coba jelaskan dengan kalimat yang lebih mudah mereka pahami agar tidak terjadi salah paham.

Ajukan lebih banyak pertanyaan, untuk memperjelas masalah yang sebenarnya customer Anda sedang alami.

Gunakan keterampilan mendengar Anda yang terbaik dan jadilah pendengar yang baik atas keluhan customer Anda.

Tunjukkan simpatik dan rasa hormat terhadap customer, serta pengertian Anda dalam memahami setiap masalah mereka.

Berikan permohonan maaf pada customer atas masalah yang mereka hadapi saat sedang menggunakan produk atau jasa Anda.

Maksimalkan semua sumber yang diperlukan untuk mendukung pencarian solusi terbaik bagi customer Anda.

Ketika solusi telah ditemukan, informasikan pada customer secepat mungkin agar Anda tidak membiarkan mereka menunggu lama.

Setelah masalah customer terselesaikan, take your time to have a rest. Agar saat menghadapi customer berikutnya Anda terlihat rileks dan tidak tegang 🙂

Nah, itu dia ke-10 tips cerdas untuk Anda yang masih bingung saat menghadapi customer yang sedang marah. Be a smart seller yaa, jangan panik saat menghadapi masalah tersebut. Selamat mencoba !

Baca Juga 
Apa itu Etalase Toko Online? Bagaimana Cara Agar Terlihat Menarik?