Tips Mudah Meningkatkan Engagement di Media Sosial!

Sekarang ini sudah banyak pengusaha atau pebisnis yang sadar pentingnya sosial media. Meskipun begitu tidak sedikit yang masih kebingungan untuk memaksimalkannya sebagai media pemasaran dan brand awareness. Karena tidak bisa dipungkiri pengetahuan tentang digital marketing masih terbatas.  

Salah satu yang cukup penting untuk ditingkatkan dalam sosial media, yakni engagement yakni keterlibatan dengan para pengikut. Banyak fungsinya salah satunya adalah meningkatkan penjualan dan mengenalkan brand. Lalu bagaimana cara untuk menaikkan engagement atau keterlibatan media sosial? Mari simak ulasannya seperti berikut ini.

Posting Konten Berkualitas

Hal utama yang perlu diingat dan dilakukan adalah hanya memposting konten yang berkualitas. Jika memungkinkan konten ini mudah dipraktikkan, shareable, dan satu lagi yakni original. Berdasarkan riset, sebanyak 51% konsumen akan meng-unfollow perusahaan atau akun yang unduhannya tidak relevan. Jadi, baik itu diunggah di Instagram, Facebook, atau Twitter usahakan untuk sebaik mungkin.

Lakukan Siaran Langsung di Sosial Media

Bukan tanpa alasan konsumen mengikuti sosial media sebuah usaha atau perusahaan. Mereka menginginkan informasi terbaru, baik itu update mengenai produk atau adanya promosi-promosi yang ditawarkan. Nah, salah satu media yang bisa digunakan adalah fitur live di masing-masing platform. Dengan begini, para pengikut tidak akan merasa pertanyaanya atau komplain dibalas oleh robot.

Secara Sopan Minta Feedback dan Review

Tidak kalah penting dari sebelum-sebelumnya, kamu perlu meminta secara sopan feedback dan review dari para pengikut. Ini digunakan dengan beberapa tujuan, mulai dari evaluasi produk sampai melihat kepuasan para pelanggan. Usahakan lakukan dengan cepat dan bahasanya yang jelas.

Buat Jadwal Skedul Sesuai Audience Behaviour

Hal lainnya yang perlu dilakukan adalah membuat strategis posting yang disesuaikan dengan kebiasaan dari para pengikut. Kapan saja waktu-waktu aktif para audience mengakses sosial media. Jika hal ini diterapkan, lambat laun engagement juga akan meningkat. Segera lakukan percobaan kecil-kecilan untuk mengetahui kebiasaan pengguna di masing-masing platform sosial media.

Sesekali Beri Hadiah untuk Followers

Supaya para pengikut tetap loyal, sesekali perlu untuk bagi-bagi hadiah. Misalnya saja mengadakan giveaway, kontes, atau juga membagi konten-konten premium secara cuma-cuma. Jika ada ide kreatif lainnya bisa dilakukan untuk menggaet engagement sosial media. Ini merupakan salah satu cara termudah yang bisa dilakukan.

 

Jangan tunggu lama lagi, segera praktikkan cara-cara di atas. Supaya media sosial memberikan impact yang bagus untuk keberlangsungan perusahaan atau usaha yang sedang dirintis.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Dapatkan 1000 Followers Instagram Tertarget Tanpa Aplikasi Dengan 7 Cara Berikut!